Minggu, 06 Juni 2010

Mandela Akan Hadiri Pembukaan dan Final

Orang paling terkenal dan dihormati di Afrika Selatan, yang sekaligus simbol utama negara tersebut, Nelson Mandela, direncanakan hadir di acara pembukaan dan final Piala Dunia 2010.

Hal itu disampaikan sendiri oleh Mandela saat menerima tim Afsel yang dipimpin kapten Aaron Mokoena, saat mereka melakukan "sowan" pada salah satu pemimpin besar dalam sejarah dunia itu di Johannesburg, Kamis (3/6/2010) waktu setempat.

Sejak pensiun sebagai presiden di tahun 2004, Mandela jarang terlihat aktif di muka publik, antara lain karena usianya makin sepuh -- saat ini sudah 91 tahun.

Diterangkan juru bicara Kongres Nasional Afsel, Jackson Mthembu, Mandela akan memberi perbedaan pada acara pembukaan Piala Dunia 11 Juni mendatang, yang menyuguhkan partai pembuka antara tuan rumah melawan Meksiko.

Namun Mandela tidak dijadwalkan menonton banyak pertandingan secara langsung di stadion karena faktor fisik dan juga keamanan

Sebelum Mandela memberi konfirmasi, Presiden FIFA Sepp Blatter sangat berharap figur besar itu akan membuka Piala Dunia. "Piala Dunia akan tidak sama tanpa kehadiran Mandela. Kedatangannya akan menjadi 'highlight' event ini," ujar Blatter.

Desember tahun lalu Mandela mengirimkan pesan lewat rekaman video tentang event Piala Dunia 2010 yang akan diadakan di negaranya. "Kami sangat terhormat dan rendah hati bahwa Afrika menjadi negara tuan rumah," tutur pria yang akrab dengan sapaan 'Madiba'.

Reputasi Mandela menginspirasi tim untuk meraih kejayaan, yang dipercaya sebagai Keajaiban Madiba. Itu pernah dirasakan ketika skuad Bafana Bafana menjuarai Piala Afrika untuk pertama kalinya di tahun 1996, lalu lolos untuk kali pertama ke putaran final Piala Dunia (1998).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar